Senin, 02 Mei 2011

Osama Tewas, Obama Dipuji Dunia:


Senin, 02/05/2011, 19:13 WIB
Gugurnya Osama bin Laden di ujung senjata pasukan khusus Amerika Serikat tak ayal disambut riang gembira oleh para pemimpin dunia.

Dari Yerusalem hingga Tokyo, Swedia turun ke Australia, para pemimpin dunia seperti tak sabar mengucapkan selamat atas keberhasilan AS membunuh gembong teroris yang telah diburu, hidup atau mati, selama sepuluh tahun terakhir itu.

Presiden Barrack Obama, Minggu waktu AS, mengumumkan bahwa Osama telah tewas ditembak di Abbottabad, Pakistan dan kini jenazahnya telah dikuasai pasukan AS.

"Israel bersama rakyat Amerika dalam hari bersejarah ini merayakan penyingkiran Osama bin Laden," seru Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu seperti dikutip Reuters.

Salah satu sekutu terdekat AS itu juga mengucapkan selamat kepada Obama dan menilai prestasi itu sebagai kemenangan keadilan sekaligus kemerdekaan dunia.

"Ini adalah kemenangan gemilang bagi keadilan dan kemerdekaan dan nilai-nilai bersama dari semua negara demokrasi yang bahu membahu memerangi terorisme," tegas Netanyahu.

Sementara dari Jepang, Menteri Luar Negeri Takeaki Matsumoto memuji keberhasilan AS dan menyebutnya "kemajuan berarti dalam usaha kontraterorismer."

Di Stockholm, Swedia, Menteri Luar Negeri Carl Bildt optimistis bahwa kematian Osama akan membuat dunia semakin damai dan pantas untuk dihuni.

"Dunia tanpa Osama bin Laden adalah dunia yang lebih baik. Kebenciannya adalah ancaman bagi kita semua," ucapnya yakin.

Lain halnya dengan Menter Luar Negeri Italia Franco Frattini yang menyebut kematian Osama sebagai kemenangan dunia.

"Ini adalah kemenangan kebaikan atas kejahatan, keadilan atas kekejian. Ini adalah kemenangan besar Amerika Serikat dan komunitas internasional atas Alqaeda dan terorisme," kata Frattini seperti dikutip AFP.  (Aef/An)